Comments

Membuat Anggaran Bulanan Keluarga dengan Excel — 76 Comments

  1. Bagus sekali mas artikelnya.

    Namun, kalo diperkenankan saya nyumbang saran. Bagimana jika ada sheet tersendiri yang digunakan oleh user untuk mencatat pengeluaran sehari-hari berdasarkan kategori (tags) yang mas buat.

    Nantinya, berdasarkan kategori (tags), kolom AKTUAL untuk setiap tags akan merujuk ke sheet baru tersebut, sehingga terakumulasi secara otomatis ketika user mencatatkan pengeluarannya sehari-hari.

    Semoga bisa dimengerti bahasa saya yang agak njelimet ya mas…hehehe…

    Salam

    • Hi Kubixa,

      Saya udah bikin artikel baru, lanjutan dari artikel ini. Untuk mengisi kolom aktual, saya link ke sheet lain, dimana sheet itu adalah rincian pengeluaran sy menggunakan aplikasi Toshl Finance di android.

      Semoga bermanfaat ya.. thanks masukannya πŸ™‚

  2. terima kasih ya, sementara ini aku buat ya oret oretan di buku aja.. makasih dah diajarin caranya, thanks alot πŸ˜€

  3. terima kasih mas untung untuk sharingnya.. ada yang saya kurang paham, kalau kita mau menambahkan komponen dari pemasukan atau pengeluaran, untuk menambahkan tabelnya bagaimana caranya? apakah sama dengan fungsi excel yang lainnya? terima kasih

  4. Nice information! Penting untuk keluarga baru dalam merencanakan keuangan keluarga.

    Saya membuat excel anggaran bulanan seperti ini dan sudah berjalan kurang lebih 7.5 tahun sejak saya menikah di Mei 2008. Cuma ada sedikit kekurangan yaitu kurang bisa mengevaluasi pengeluaran aktual di bulan/tahun2 sebelumnya secara komprehensif, perhitungan akumulasi tahunan, serta tidak mudah melakukan forecasting/perkiraan untuk tahun2 berikutnya.

    Akhirnya saya beralih ke model spreadsheet tahunan (full year) :

    Anggaran Rutin, di menjadi kolom2 12 bulan, dan dapat dimasukkan kolom2 utk tahun2/bulan2 mendatang. Angka pengeluaran dan pendapatan sudah diisi semua, cuma dibedakan warnanya. Yang actual/sudah diterima/dibayar diberi warna hitam, sedangkan yang masih forecast/perkiraan di anggaran diberi warna biru.

    Anggaran Non-Rutin, prinsip sama dengan Rutin, hanya untuk pendapatan banyak yang dikosongkan karena unpredictable. Pengeluaran dimasukkan untuk yg non-rutin (tidak dianggarkan di rutin).

    Model seperti ini sangat bermanfaat untuk dicocokkan dengan SPT Pajak Tahunan, menghitung Take Home Pay & Expenses tahunan, melakukan forecast s.d 5 tahun ke depan, perhitungan zakat mal dari jumlah total asset wajib zakat, dsb.

    However, tetap semangat untuk sharing!

  5. Saya sdh copy tapi padamsaat input komponen rencana ga muncul kumilatifnya ,lebih bagus klo di bikin sama formulanya mas.

  6. Ini yang saya cari-cari..terima kasih mas, sangat bermanfaat, teruslah berkarya bagi keluarga,bangsa dan Tuhan. Salam kenal ya mas πŸ™‚

  7. Mohon maaf karena saya pendapatan harian. bagaimana kalo yang pengeluaran dan pendapatan harian kemudian bisa terjumlah ke bulanan,

  8. amazing…

    semoga anda dan keluarga mendapatkan keberkahan dari Allah SWT
    Jazakallahu khoiron katsiron

    Barakallahufik akhi

  9. Pingback: Membuat Anggaran Bulanan Keluarga dengan Excel – Andri Ahmad Sobari

  10. Pingback: Mengupdate Judul Laporan Secara Otomatis | DK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *